Jokowi: Ayo Maju Sumatera Utara!

Sabtu, 14 Oktober 2017 | 18.59 WIB

Bagikan:
Jokowi saat mengunjungi korban gunung sinabung | topik.co.id
TOPIK - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan  Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, Parbarakan-Sei Rampah dan Medan-Binjai. Jokowi mengungkapkan perekonomian daerah Sumatera Utara (Sumut) akan semakin maju.

Lanjutnya, tol ini juga semakin memperkuat struktur kawasan perkotaan metropolitan Medan-Binjai-Deli Serdang-Karo sebagai metropolitan terbesar ketiga terbesar di Indonesia. Namun ada yang berbeda disela peresmian jalan tol itu, Jokowi membacakan sebait pantun untuk memberikan semangat atas pembangunan infrastruktur di Sumut.
Ikan arsik bumbu andaliman,
rasanya lezat tiada tara.
Sudah dibangun jalan tol yang nyaman,
ayo maju Sumatra Utara
- Joko Widodo
Jokowi juga menjelaskan ruas tol ini menghubungkan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi nasional di Sumatera Utara, seperti kawasan industri Medan, Bandara Kualanamu, Pelabuhan Kuala Tanjung, Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangke, serta akses menuju Danau Toba.

"Nantinya semua akan terhubungkan dengan Tol Medan-Kuala Namu-Tebing Tinggi Pematang Siantar-Parapat. Waktu tempuh dari Bandara Kualanamu ke Danau Toba akan lebih singkat dari saat ini 4-5 jam menjadi 1,5 hingga 2 jam saja," jelas Jokowi dalam akun Facebook resminya, Sabtu  (14/10).

Jokowi menargetkan jalan tol akan tersambung 42 kilometer dan 14 kilometer, dari Medan sampai ke Tebing Tinggi pada pertengahan tahun 2018.

"Jika tak ada halangan, Insya Allah, pada pertengahan 2018 sudah akan tersambung 42 kilometer dan 14 kilometer, dari Medan sampai ke Tebing Tinggi," terangnya.

Video:




[Eko]
Bagikan:
KOMENTAR