[Video] Ahok Dipenjara, Warga Medan Ramai-ramai Nyanyi 'Indonesia Raya'

Jumat, 12 Mei 2017 | 20.20 WIB

Bagikan:
cover | topik.co.id
TOPIK - Kasus penistaan agama mendapat sorotan di beberapa kota di Indonesia, salah satunya di Kota Medan, Sumatera Utara, diperkirakan ribuan orang menggelar aksi menyalakan lilin dan menyanyikan lagu 'Indonesia Raya'.  
   

Aksi itu terkait hukuman Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang divonis dua tahun penjara dan diperintahkan ditahan oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Selasa (9/5) kemarin.

Ahok terbukti bersalah melanggar Pasal 156a KUHP tentang penodaan agama. Ketua majelis hakim Dwiarso Budi Santiarto menegaskan Ahok terbukti secara sah dan meyakinkan penodaan agama.

Baca juga - Tok! Ahok Divonis Hukuman 2 Tahun Penjara

"Pidana penjara selama dua tahun, menetapkan agar terdakwa ditahan," tegas Dwiarso saat membacakan putusan sidang, Selasa (9/5) lalu.

Ahok didakwa dengan pasal 156a tentang penodaan agama dengan pasal 156 KUHP sebagai alternatif.
[cut]
cover | topik.co.id
Sebelumnya, selain aksi seribu lilin di Kota Medan, warganet juga dihebohkan fenomena papan bunga untuk Ahok yang tersebar di media sosial.

Papan bunga yang ditujukan kepada Ahok itu menghiasi Kota Medan di Lapangan Merdeka Jalan Pulau Pinang, Senin (1/5) kemarin.

Baca juga - Fenomena Papan Bunga untuk Ahok-Djarot di Medan, Berkah atau Kutukan?

Terlihat puluhan papan bunga, berjajar rapi di Lapangan Merdeka Jalan Pulau Pinang Medan, yang berisi tulisan jenaka mengenai dukungan terhadap Ahok.    
 

Kini, video aksi warga Kota Medan yang menyanyikan 'Indonesia Raya' ini menjadi viral di media sosial berbagi video, YouTube, Jumat (11/5).
[cut]
YouTube
Video ini memperlihatkan ribuan warga berkumpul di Lapangan Merdeka, Kota Medan, Kamis (11/5) malam.

Baca juga - Selesai Jadi Gubernur, Ahok Ogah Berpolitik & Jadi Pejabat Negara

Terlihat dari video itu, para pendukung Ahok rata-rata mengenakan pakaian serba berwarna hitam sembari menyalakan lilin.

"Bebaskan Pak Ahok, bebaskan Pak Ahok," teriak para pendukung Ahok setelah divonis 2 tahun penjara akibat kasus penistaan agama.

Berikut videonya: 

Bagikan:
KOMENTAR