Mbah Sholeh, Kisah Unik Pembersih Masjid yang tak Tergantikan

Senin, 01 Mei 2017 | 11.18 WIB

Bagikan:
foto: Instagram
TOPIK - Bagi anda yang tinggal di Surabaya, tentu tak asing lagi dengan masjid Ampel. Masjid peninggalan Sunan Ampel itu pada masanya menjadi pusat penyebaran Islam.

Banyak cerita unik di masjid ini. Yang pasti, masjid peninggalan Sunan Ampel ini menjadi salah satu masjid tertua di Indonesia.

Cerita-cerita unik lainnya tentang Mbah Bolong. Salah satu murid Sunan Ampel ini bisa melihat Ka'bah hanya dengan membolongi dinding masjid.

Lantas ada juga Mbah Sholeh. Santri Sunan Ampel ini tak memiliki keistimewaan. Dia hanya tukang sapu di masjid Sunan Ampel. Tapi ketekunan dan kerajinannya membersihkan masjid membuatnya menjadi orang yang istimewa.

Cerita unik tentang Mbah Sholeh memiliki sembilan makam. Semasa hidupnya, Mbah Sholeh wafat sembilan kali. Mbah Sholeh memang sangat kesohor di masjid Sunan Ampel. Banyak peziaran yang datang untuk berdoa di makamnya.

Mbah Sholeh tak pernah melewatkan sehari pun dalam hidupnya tanpa membersihkan masjid. Sehingga dia dijuluki sebagai tukang sapu atau tukang bersih masjid.

Di kalangan santri dan gurunya, Sunan Ampel, Mbah Sholeh sangat terkenal sebagai sosok yang senantiasa menjaga kebersihan.

Suatu tibalah waktunya Mbah Sholeh menghadap Sang Khalik. Jasadnya dimakamkan di samping masjid.

Sepeninggal Mbah Sholeh, Sunan Ampel tak juga menemukan sosok pengganti yang serajin Mbah Sholeh. Masjid jadi kurang terawat dan kotor.

Saat itulah tiba-tiba Sunan Ampel teringat dengan Mbah Sholeh dan bergumam, "Kalau Mbah Sholeh masih ada, masjid pasti bersih,".

Usai mengucapkan kata-kata tersebut, tiba-tiba sosok serupa Mbah Sholeh muncul dan menjalankan rutinitas yang biasa dilakukan Mbah Sholeh. Tapi tak lama sosok itu meninggal lagi dan dimakamkan di samping makam Mbah Sholeh sebelumnya.

Peristiwa tersebut terulang hingga sembilan kali.

Menurut cerita, sosok mirip Mbah Sholeh baru benar-benar meninggal dan tidak muncul lagi setelah Sunan Ampel wafat.

Setiap meninggal, Mbah Sholeh selalu dimakamkan di samping makam yang sebelumnya. Karena meninggal hingga 9 kali, maka makamnya yang ada di samping Masjid Ampel pun ada 9.

[Ek]
Bagikan:
KOMENTAR