Harga Bahan Pokok Meroket Jelang Ramadan, Ketua DPR: Fenomena!

Senin, 22 Mei 2017 | 17.46 WIB

Bagikan:
Ketua DPR RI Setya Novanto | foto: dok. dpr.go.id
TOPIK - Ketua DPR RI Setya Novanto (Setnov) mengunjungi pasar tradisional Pandansari di Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur untuk memantau langsung harga sembako menjelang bulan suci Ramadan, Senin (22/5/2017).

Setnov didampingi Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari, Wakil Ketua Banggar DPR Azis Syamsudin, Ketua BURT DPR Roemkono dan Wakil Ketua MPR Mahyudin saat memantau harga bahan pokok di Pasar Pandansari.

Menurut pengakuan para pedagang pasar yang berdialog langsung dengan Ketua DPR RI, sudah ada kenaikan harga sejumlah bahan pokok seperti beras dan telur.

Namun, ada juga harga bahan pokok yang turun. Salah satunya bawang. Menurutnya kenaikan harga sembako jelang bulan Ramadan merupakan fenomena berulang setiap tahun.

"Kenaikan harga sembako jelang bulan Ramadan merupakan fenomena berulang tiap tahun. Seharusnya ada antisipasi dari pemerintah terhadap ketersediaan maupun distribusinya," jelas Setnov di Pasar Pandansari, Senin (22/5/2017).

Salah satu penyebab kenaikan Kebutuhan bahan pokok menurut politisi Partai Golkar tersebut, dikarenakan adanya permintaan yang meningkat dari konsumen, kenaikan biaya distribusi dan psikologi pasar jelang bulan Suci Ramadan.

"Koordinasi antar instansi pemerintah yang menangani permasalahan kenaikan harga barang kebutuhan pokok hendaknya dapat berjalan dengan sinergis dan saling mendukung," jelasnya.

"Selain itu, informasi mengenai permintaan dan penawaran barang kebutuhan pokok harus dilakukan dalam sistem tata niaga yang transparan dan berimbang," tambahya.

[Son]
Bagikan:
KOMENTAR