Buwas Beberkan Narkoba Jenis Baru, Pengiriman Lewat Jalur Laut

Kamis, 18 Mei 2017 | 15.01 WIB

Bagikan:
Budi Waseso | foto: topik.co.id/son
TOPIK - Kepala  Badan Narkotika Nasional (BNN) Budi Waseso (Buwas) membeberkan penemuan narkoba jenis baru. Narkoba ini berasal dari Meksiko dan berupa tanaman.

"Namanya Canna Binoid Sintetis, tapi masih berupa tanaman," beber Buwas di sela-sela pemusnahan narkoba di kantor BNN, Jakarta, Kamis (18/5/2017).

Lanjutnya, Indonesia masih menjadi target peredaran narkotika jaringan internasional. Ini akibat masih lemahnya penegakkan hukum di Indonesia.

"Saya kira kita ini masih lemah dalam penegakkan hukum. Apalagi masih banyak masyarakat kita yang ingin mengonsumsinya," tegasnya.

Buwas juga menekankan banyak jaringan narkotika yang sebelumnya tidak pernah masuk ke wilayah Indonesia malah menjadi ikut memasarkan narkotika.

"Saya baru dapat kabar kalau jaringan pengedar di Filipina juga ikut memasarkan narkotika ke Indonesia. Informasi lainnya, ada juga yang dari Columbia," jelasnya.

Menurut Buwas penyelundupan barang haram masuk ke Indonesia masih menggunakan cara lama. Mereka melakukan pengiriman lewat jalur laut. "Jalur laut masih menjadi favorit mereka," cetusnya.

[Son]
Bagikan:
KOMENTAR