7 Sungai Terpanjang di Muka Bumi, Traveler Harus Tahu!

Jumat, 19 Mei 2017 | 13.35 WIB

Bagikan:
cover | ist
TOPIK - Menjelajahi di suatu alam yang asri menjadi daya tarik tersendiri bagi traveler. Selain gunung, sungai juga tempat alam yang asik untuk dijelajahi.


Aliran air yang besar dan memanjang mengalir secara terus-menerus dari hulu ke hilir traveler dapat melihat pesona alam indah disekitarnya.

Salah satunya adalah Sungai Nil yang melintasi beberapa negara di Afrika, antara lain Ethiopia, Zaire, Kenya, Uganda, Tanzania, Burundi, Rwanda, Sudan dan Mesir.

Sedikitnya ada tujuh sungai terpanjang di dunia, dari Sungai Nil yang panjangnya mencapai 4180 mil atau sekitar 6650 kilometer hingga Sungai Ob di Siberia yang memiliki panjang sekitar 3459 mil atau sekitar 2962 kilometer.

Berikut ulasan tujuh sungai terpanjang di muka bumi yang dirangkum TOPIK.co.id dari berbagai sumber, Jumat (19/5/2017).
[cut]
Sungai Nil | ist
1. Sungai Nil – 4132 mil.

Sungai ini mengalir dari hulu danau Victoria hingga ke Laut Mediterania dengan total keseluruhan panjangnya mencapai 4180 mil atau sekitar 6.650 kilometer.

Sungai Nil juga melintasi beberapa negara di Afrika, antara lain Ethiopia, Zaire, Kenya, Uganda, Tanzania, Burundi, Rwanda, Sudan dan Mesir.

Sehingga sungai ini masuk dalam urutan pertama sungai terpanjang di muka bumi.
[cut]
Sungai Amazon | ist

2. Sungai Amazon – 3.912 mil.

Total panjang keseluruhan sungai Amazon 3.912 mil bermula dari Pegunungan Andes di Peru dan melintasi beberapa negara di Amerika Latin seperti, Equador, Kolombia, Brasil hingga bermuara ke Samudera Atlantik.

Sungai ini juga memiliki cekungan drainase terbesar di dunia, sekitar 7.050.000 kilometer persegi (2,720,000 mil persegi).
[cut]
Sungai Yangtze | ist
3. Sungai Yangtze – 3,917 mil.

Sungai ini juga termasuk terpanjang di muka bumi dengan total panjangnya sekitar 3.602 mil serta memiliki hulu dari dataran tinggi Tibetan hingga bermuara ke Laut China.

Fenomena alam yang pernah terjadi dari sungai ini adalah warna airnya yang tiba-tiba berubah menjadi merah.
[cut]
Sungai Mississippi | ist
4. Sungai Mississippi – 3,902 mil.

Sungai terpanjang ke dua di Amerika setelah sungai Amazon. Panjangnya sekitar 3.734 kilometer atau sekitar 2.320 mil.

Alirannya berawal dari danau Itasca di Minnesota, melewati beberapa negara di Amerika Serikat yakni Winsconsin, Iowa, Illionis, Missouri, Kentucky, Tenesse, Arkansas dan berakhir di negara bagian Louisian yakni teluk Meksiko.
[cut]
Sunagi Yenisei | ist
5. Sungai Yenisei – 3,445 mil.

Air sungai ini mengalir dari gunung Tannu-Ola di daerah Tuva Barat, Rusia menuju muara terakhir di Samudera Arktik.

Total panjangnya mencapai 3,445 mil, sekitar 97% aliran sungai ini berada di Rusia sementara sisanya terletak di kawasan Mongolia.
[cut]
Sungai Huang Ho | ist
6. Sungai Huang Ho – 3.395 mil.

Sungai Kuning, salah satu sungai terpanjang di China dengan panjang sungai keseluruhan hingga 3.395 mil.

Berasal di Har Bayan daerah Pegunungan di provinsi Qinghai China bagian barat, mengalir melalui sembilan provinsi dan bermuara di Laut Bohai dekat kota Dongying di provinsi Shandong.
[cut]
Sungai Ob | ist
7. Sungai Ob – 3364 mil.

Sungai di daratan Siberia bagian barat Rusia ini memiliki panjang sekitar 3459 mil atau sekitar 2962 kilometer.

Aliran sungai berasal dari sungai Katun di gunung Belukha Republik Altai dan mengalir melewati 4 negara di Asia dan Eropa, yakni Rusia, Kazakhstan dan Mongolia dan bermuara di teluk Ob.
Bagikan:
KOMENTAR