Selain Indonesia, Warga Negara ini Sering Gunakan Bahasa Jawa

Senin, 12 Desember 2016 | 13.24 WIB

Bagikan:
ilustrasi | ist
TOPIK.CO.ID - Ternyata bukan warga negara Indonesia saja yang menggunakan bahasa Jawa, bukti kecilnya perusahaan raksasa internet dunia seperti Google dan Facebook juga menyediakan fitur Bahasa Jawa dalam situs mereka.

Artinya bahasa Jawa sering digunakan di beberapa negara. Namun, tahukah Anda jika beberapa negara juga menggunakan bahasa Jawa, salah satunya adalah Belanda.

Berikut ulasan warga negara dari belahan dunia sering menggunakan bahasa Jawa yang dirangkum topik.co.id dari berbagai sumber:

1. Suriname

Siapa sangka negara yang dulunya bernama Guyana Belanda merupakan sebuah negara di Amerika Selatan. Suriname merupakan negara bekas jajahan Belanda. Sejerah singkat negara ini ketika zaman penjajahan Belanda dulu banyak suku Jawa yang dipaksa bekerja oleh Belanda dan dikirim ke Suriname. Diperkirakan sekitar 75 ribu orang Jawa tinggal dan menjadi warga negara Suriname.

2. Singapura

Pada tahun 1825 banyak orang Jawa yang didatangkan ke Singapura yang dipekerjakan sebagai buruh. Kampong Jawa yang berada di tepi Sungai Rochor merupakan tempat bermukim pertama orang Jawa di Singapura.

3. Malaysia

Siapa tidak tahu dengan negara Malaysia yang juga merupakan negara serumpun dengan Indonesia, di mana sebagian penduduknya adalah rumpun Melayu. Di beberapa wilayah seperti Johor dan Selangor, warga suku Jawa berjumlah sekitar 20 persen dari total penduduk yang ada.

4. Belanda

Banyak orang Belanda yang tertarik dengan kebudayaan serta sastra Jawa. Hal ini terlihat di Universitas Leiden, universitas tertua di Belanda yang didirikan pada tahun 1575. Sekitar 17.000 mahasiswa menimba ilmu tentang kebudayaan dan Bahasa Jawa.

5. Kaledonia Baru

Kaledonia Baru adalah sebuah negeri seberang laut milik Prancis yang terletak di Samudera Pasifik bagian selatan. Pada tahun 1896 sebanyak 170 keluarga Jawa migrasi ke Kaledonia Baru. Mereka dipekerjakan sebagai buruh kontrak. Perpindahan orang Jawa di Kaledonia Baru juga sama dengan orang Jawa Suriname, namun kepindahan orang Jawa di Pasifik telah terhenti sejak tahun 1949.

Video



[Ar]
Bagikan:
KOMENTAR